PEMANDANGAN ALAM INDAH DAN OBJEK WISATA DI GROBOGAN

TEMPAT WISATA DI GROBOGAN JAWA TENGAH


Tempat wisata di Grobogan menyimpan keunikan tersendiri dibanding dengan tempat wisata lainnya, Grobogan merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang memiliki ibu kota di Purwodadi, anehnya masyarakat lebih mengenal Purwodadi dibanding dengan Grobogan itu sendiri. Mungkin sebagian dari kita pernah dengar kata Swike Kodok yaitu salah satu makanan khas dari Purwodadi, namun sebagian besar umat muslim tidak menyukai makanan satu ini, bisa di alihkan ke yang lain seperti swike ayam maupun daging lainnya.

Wisata Grobogan ternyata banyak memiliki keunikan yang membuat banyak pengunjung terutama wisatawan lokal untuk berwisata di Grobogan, ada beberapa daftar tempat wisata yang bisa menjadi panduan anda ketika mengunjungi kota ini, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan yang begitu megah, berikut daftar tempat wisata di Grobogan yang paling terkenal.


Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo
Waduk kedung ombo merupakan salah satu tempat wisata di Grobogan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar khususnya pada musim liburan, tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga, Waduk Kedung Ombo memiliki luas 6576 Ha yang berfungsi untuk pengairan sawah yang terdapat di Grobogan maupun disekitarnya, jika anda ingin berwisata di Waduk kedung ombo ini anda dapat menuju ke Desa Rambat, Geyer. Jika kita berangkat dari arah Purwodadi berjarak 29 km menuju arah selatan. Selain anda dapat menikmati indahnya waduk anda juga bisa menikmati hidangan ikan air tawar yang tersedia di pinggiran waduk tersebut.


Bledug Kuwu
Bledug Kuwu
Tempat wisata di Grobogan selanjutnya adalah Bledug Kuwu, tempat wisata ini tidak dapat anda temukan di tempat lain, tempat wisata yang tergolong unik ini merupakan sebuah kawah lumpur yang terdapat letupan dalam beberapa waktu, orang datang ke tempat ini biasanya duduk sambil menunggu indahnya letupan dalam kawah tersebut.


Api Abadi Mrapen
Api Abadi Mrapen
Di Grobogan terdapat sebuah wisata unik dan tidak ditemukan di tempat lain yaitu api abadi Mrapen, tempat wisata di Grobogan ini ternyata pernah diguanakan untuk acara nasional seperti Pesta Olahraga Internasional Ganefo, PON, POR PWI dan sebagainya, sebenarnya api abadi Mrapen ini merupakan sebuah lubang dimana terdapat aktifitas alam yaitu menyemburkan api yang tidak pernah padam, pada saat acara Waisak sumber api ini juga digunakan untuk perayaan Hari Waisak, lokasi wisata ini terdapat di Desa Manggarmas Kecamatan Odong yang terletak di sekitar tepi jalan Purwodadi – Semarang.


Air Terjun Widuri
Air Terjun Widuri
Salah satu tempat wisata di Grobogan yang memiliki pemandangan luar biasa yaitu air terjun Widuri, masih tergolong wisata baru namun tempat ini memiliki keunikan tersendiri dan masih alami, masyarakat sekitar percaya jika air terjun ini adalah tempat dimana sebuah pertemuan antara Joko Tarub dan Dewi Nawangwulan bersama bidadari lainnya sedang turun ke bumi, letak air terjun ini berada di Desa Batur Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.


Gua Macan dan Lowo
Gua Macan dan Lowo
Gua macan dan lowo merupakan salah satu tempat wisata di Grobogan, tempat wisata ini merupakan sebuah gua yang terbentuk secara alami, Grobogan terdapat sebuah gunung batu kapur yang didalamnya terdapat beberapa gua salah satunya gua macan dan lowo ini, Gua ini memang berbeda diambil dari hewan yang dulunya pernah menghuni tempat tersebut. Gua ini terdapat di Desa Sedayu Kecamatan Sedayu. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati indahnya Gua Macan dan Gua Lowo.


Gua Urang
Gua Urang
Tempat wisata di Grobogan selain gua macan dan Gua Lowo adalah Gua urang, gua ini juga diambil dari nama hewan yang dulunya pernah ada di dalamnya yaitu Urang atau dalam bahasa Indonesia sebuah udang, tempat ini memang hanya dikunjungi oleh beberapa orang tertentu terutama para peneliti karena akses untuk menuju kedalam Gua Urang cukup sulit, Pemerintah setempat berencana untuk membangun akses agar tempat tersebut dapat dimasuki oleh banyak orang sehingga dapat menjadi tempat wisata di Grobogan yang begitu indah.


Sendang Coyo
Sendang Coyo
Sendang Coyo merupakan tempat pemandian yang banyak disukai oleh masyarakat Grobogan, sendang coyo yang merupakan salah satu tempat wisata di Grobogan ini merupakan peninggalan ahli Islam pada jaman dahulu yaitu Sunan Kalijaga, masyarakat sekitar percaya dulu kala asal muasal Sendang ini berasal dari tongkat Sunan Kalijaga yang ditancapkan ke tanah sehingga menyemburkan air hingga sekarang, tempat ini banyak digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mandi terutama pada malam 1 suro. Sendang Coyo terletak di Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon.


Kolam Renang Ayodya
Kolam Renang Ayodya
Tempat wisata buatan di Grobogan paling terkenal adalah kolam renang Ayodya, tempat wisata di Grobogan ini masih baru dan menjadi tempat wisata favorit pada saat musim liburan, di tempat ini anda dapat menikmati keindahan kolam renang dan berbagai sarana permainan lainya seperti Twin Slide, Family Slide, Splash Bucket dan sebagainya. Kolam renang Ayodya ini sebenarnya memiliki nama Ayodya Bloombang Water Park yang terletak di jantung kota Purwodadi.


Cindelaras
Cindelaras
Tempat wisata di Grobogan Jawa Tengah selanjutnya adalah Cindelaras, terdapat di Desa Bandungharjo Kecamatan Toroh. Sebuah waduk yang dikelola oleh perhutani ini ternyata memiliki pemandangan yang indah, dengan keadaan yang masih terbilang alami banyak wisatawan datang ke tempat ini pada hari libur. Cocok bagi anda yang senang dengan pemandangan alam dan berwisata bersama keluarga.


Waduk Klambu
Waduk Klambu
Walau keberadaannya masih jarang diketahui oleh banyak orang dan tidak setenar waduk kedung ombo, namun waduk klambu memiliki potensi keindahan yang tidak kalah dari waduk lainnya, Waduk ini dibuat dengan membendung 2 sungai yaitu sungai Lusi dan Sungai Serang.

Itulah beberapa daftar tempat wisata di Grobogan yang wajib anda kunjungi ketika datang ke Grobogan, sebagai masyarakat yang baik kita harus selalu ingat untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata agar kelak anak cucu kita dapat menikmati kembali keindahan tempat wisata tersebut.